Perawatan Furnitur Kayu – Furnitur berbahan kayu yang bukan kayu jati memang lebih rentan dan mudah rusak dibandingkan dengan furnitur besi atau platinum.

Oleh karena itu, membeli mebel Jepara dari kayu jati adalah pilihan yang tepat. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur membeli furniture berbahan kayu biasa tentu menginginkan agar furnitur Anda bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut ini kami akan berbagi cara perawatan furnitur kayu di rumah And agar  bisa lebih awet dan tahan lama.

Tips Perawatan Furnitur Kayu

Bersihkan Debu yang Menempel Secara Rutin

Bersihkan furnitur kayu di rumah Anda secara rutin, jangan diamkan ketika banyak debu menempel pada furnitur kayu di rumah Anda. Selalu perhatikan perabotan kayu di rumah, debu yang ada pada furnitur bila tidak dibersihkan perlahan-lahan dapat menyebabkan keropos pada bahan kayu.

Dengan membersihkan furnitur kayu secara rutin dan terjadwal, akan menjaga ketahanannya serta membuat tampilannya tetap enak dipandang.

Pastikan Anda membersihkannya dengan kain lap yang lembut dan basah, jangan menggunakan kemoceng. Cara membersihkan debu dengan kemoceng malah akan membuat debu beterbangan ke mana-mana. Belum lagi bila terhirup, maka dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan.

Hindari penggunaan lap yang berbahan silikon karena dapat menyebabkan lecet dan baret pada furniture.

Jangan Gunakan Sabun Sembarangan Saat Membersihkan Furnitur

Pemilihan sabun pembersih juga sangat penting dalam menjaga keawetan furnitur kayu di rumah Anda. Ketika hendak membersihkan perabotan atau furnitur kayu, sebaiknya gunakan sabun pembersih yang sudah terpercaya kualitasnya.

Pastikan juga pembersih yang digunakan memang cocok untuk bahan kayu sehingga furnitur kayu Anda tetap terawat dan tahan lama.

Penggunaan sabun pembersih sembarangan dapat berpengaruh untuk permukaan furnitur kayu, terutama dapat menyebabkan warna memudar.

Bersihkan furnitur menggunakan produk pembersih khusus bahan kayu dengan jangka waktu tiga kali seminggu agar lapisan furnitur maupun warna tetap awet serta tidak cepat memudar.

Gunakan Mayonnaise untuk Merawat Permukaan Furnitur

Mungkin tidak banyak orang tahu, kalau Mayonnaise yang biasa dipakai sebagai penyedap makanan ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk merawat furnitur. Banyak dari Anda yang mungkin baru pertama kali mendengarnya bukan?

Baca Juga :  Meja Makan Minimalis Modern Terbaru

Mayonnaise dapat merawat furnitur kayu dengan menghilangkan bekas-bekas tak berbentuk atau baret halus pada permukaan kayu. Noda yang merusak penampilan furnitur tersebut misalnya bekas cap air yang menempel setelah Anda meletakkan gelas di atas furnitur.

Tentunya noda ini dapat mengganggu penampilan furnitur. Akan sulit bila Anda membersihkannya menggunakan lap pembersih. Tapi begitu mudah menghilangkan noda tersebut menggunakan mayonnaise.

Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan sedikit mayonaise pada permukaan furnitur, lalu lap dengan kain yang lembut. Noda tersebut dapat hilang dan membuat penampilan furnitur tampak seperti baru lagi.

Semir Sepatu dapat Menghilangkan retak-retak pada furniture

Retak-retak pada furniture akan sangat sulit untuk dihilangkan. Tapi Anda tak perlu khawatir, manfaatkanlah semir sepatu untuk menyembunyikan retak-retak pada furnitur kayu di rumah Anda. Untuk pencegahan dan perawatan, hindari furnitur dari terkena air langsung musim hujan tiba.

Hindari Ruangan Lembab atau Terkena Air Langsung

Furnitur kayu sangat rentan terhadap air. Ruangan yang lembab juga dapat menyebabkan furnitur kayu cepat rusak. Jangan mencuci furniture dengan cara menyiramkan air secara langsung ke permukaannya. Gunakan lap basah dan sabun pembersih terpercaya bila Anda ingin mencucinya.

Untuk membersihkan bagian pada sudut yang sulit, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Setelah semua bagian furnitur dicuci dengan bersih, segera keringkan menggunakan lap secara keseluruhan.

Itulah cara perawatan furniture kayu yang mudah dan bisa Anda lakukan di rumah. Dengan perlakuan dan perawatan yang tepat, furnitur kayu akan dapat digunakan lebih awet hingga jangka waktu yang lama.